TAHAPAN DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN/ PEMBUATAN RUMAH TINGGAL


Beberapa Cara yang sering digunakan untuk merencanakan pembangunan rumah, yang merupakan tempat yang nantinya akan kita huni. disini saya akan sedikit membahas tentang tahapan-tahapan dalam perencanaan pembangunan rumah tinggal. 

1. lokasi atau lahan yang akan dibangun.
    Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menganalisis lokasi pembangunan, hal yang  pertama adalah mengetahui jenis tanah pada lokasi pembangunan agar pada saat perencanaan tidak terjadi kesalahan pembangunan yang mengakibatkan rumah mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, yang nantinya bisa tentukan berapa Nilai untuk perencanaan Pondasi bangunan.

2. Perencanaan Desain / gambar kerja dan Rencana Anggaran Biaya (R.A.B)
    sebenarnya dibeberapa kalangan Tahapan kedua ini tidak terlalu penting bagi mereka, dikarenakan cukup dengan keahlian tukang yang berpengalaman semuanya bisa direncanakan sesuai keinginan, dan memang hal itu memang betul, tapi dilain sisi ada beberapa masalah yang kebanyakan sering saya dapati dari perencanaan tukang langsung, yang pertama kadang pekerjaan menjadi ribet karena tidak adanya gambar rencana dan yang kedua Anggaran pembangunan menjadi membengkak dikarenakan tidak adanya pengetahuan masalah perencanaan anggaran biaya yang berakibat terhentinya pekerjaan di tengah jalan.

3. Analisis Pekerjaan 

- Pondasi 
  Penggunaan Pondasi dilihat dari Jenis tanah sebagai daya dukung yang akan menahan bangunan, maka dari itu peninjauan tanah sangatlah penting agar ukuran dan jenis pondasi bisa ditentukan. 
- Sloof 
  Untuk penggunaan Sloof pembangunan Rumah Standar berukuran 15x10 cm yang berfungsi sebagai penghantar beban dari bangunan ke pondasi dan di teruskan ketanah 
- Kolom dan Balok 
   Gunakan kolom sesuai kebutuhan dan fungsinya.
- Pasangan Dinding 
- Pemasangan Kusen Pintu dan Jendela 
- Pemasangan Pipa Air Kotor dan Bersih 
- Ringbalk 
- Kuda-kuda Atap 
- Pemasangan Atap 
- Pemasangan keramik Lantai 
- Pemasangan Plafond 
- Pekerjaan Instalasi Listrik 
- Plesteran DInding 
- Pemasangan perlengkapan Sanitair 
- Pemasangan Daun Pintu dan Jendela 
- Finishing 





FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 9:30 AM

0 komentar:

Post a Comment