MENGENAL PONDASI


MENGENAL PONDASI

           Pondasi Adalah Struktur utama sebagai penahan beban dari beban bangunan yang berada di atasnya, banyak defenisi yang menjelaskan tentang pondasi namun intinya fungsi pondasi adalah untuk menahan beban bangunan di atasnya dengan baik dan menyalurkan beban tersebut ke tanah jadi faktor tanah juga menjadi pendukung berdirinya bagunan pondasi, Jenis pondasi yang digunakan dalam suatu perencanaan bangunan tergantung dari jenis tanah dan beban yang bekerja pada lokasi rencana proyek. 
             Pondasi didesain agar memiliki kapasitas dukung dengan penurunan / settlement tertentu oleh para Insinyur geoteknik dan struktur. Desain utamanya mempertimbangkan penurunan dan daya dukung tanah, dalam beberapa kasus semisal turap, defleksi / lendutan pondasi juga diikutkan dalam perteimbangan. Ketika berbicara penurunan, yang diperhitungkan biasanya penurunan total (keseluruhan bagian pondasi turun bersama-sama) dan penurunan diferensial(sebagian pondasi saja yang turun / miring). Ini dapat menimbulkan masalah bagi struktur yang didukungnya.
          Daya dukung pondasi merupakan kombinasi dari kekuatan gesekan tanah terhadap pondasi (tergantung pada jenis tanah, massa jenisnya, nilai kohesi adhesinya, kedalamannya, dsb), kekuatan tanah dimana ujung pondasi itu berdiri, dan juga pada bahan pondasi itu sendiri. Dalamnya tanah serta perubahan-perubahan yang terjadi di dalamnya amatlah sulit dipastikan, oleh karena itu para ahli geoteknik membatasi beban yang bekerja hanya boleh, biasanya, sepertiga dari kekuatan desainnya.
Untuk jenisnya Pondasi memiliki beberapa golongan yaitu :
1. Pondasi Dangkal
2. Pondasi Dalam 
3. Pondasi Plat dan Tiang Pancang.
Sumber : Google/Wikepedia/berbagaisemberlainnya.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:26 PM

0 komentar:

Post a Comment